Macam – Macam Safety Equipment Dalam Pekerjaan Konstruksi

qinarraya.com – Setiap bidang pekerjaan harus mengutamakan keselamatan. Sama juga halnya dengan bidang Konstruksi. Pekerjaan ini banyak melibatkan lokasi kerja yang beresiko. Maka dari itu, penting sekali untuk menerapkan safety equipment pada konstruksi.

Tujuan utama dari safety equipment ialah mengurangi resiko kecelakaan kerja karena seperti yang kita tahu, dalam proyek konstruksi bisa saja terjadi suatu kejadian yang tidak terencana dan tidak terkontrol. Adapun factor yang bisa mengakibatkan kecelakaan kerja pada proyek konstruksi adalah :

  • Kelalaian manusia

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna, manusia terkadang melakukan kesalahan. Maka untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja, dibutuhkan safety equipment pada konstruksi

  • SDA yang tidak mumpuni

Pengalaman dan pengetahuan dalam dunia konstruksi sangatlah penting, maka dari itu jika SDA tidak mumpuni dalam pengerjaan proyek bisa mengakibatkan kecelakaan kerja.

  • Darurat Membaca

Malasnya membaca dan mematuhi Standar Operasional Pekerjaan (SOP), menjadi salah satu factor kecelakaan kerja. Dikarenakan akan membuat resiko kecelakaan apabila proyek yang dikerjakan memiliki bahaya dan resiko tinggi.

JENIS JENIS SAFETY EQUIPMENT

  • Helm

Helm wajib digunakan ketika sedang mengerjakan proyek konstruksi. Helm berguna untuk melindungi kepala dari benda – benda yang jatuh dari lokasi proyek.

  • Pakaian Pekerja (Warepack)

Pakaian kerja yang sesuai dengan standar ialah untuk melindungi badan dari pengaruh luar yang bisa melukai tubuh.

  • Sarung Tangan

Khusus untuk pekerja lapangan, sarung tangan sangat penting untuk melindungi dari luka akibat benda tajam.

  • Safety Shoes

Sepatu yang digunakan untuk bekerja di proyek konstruksi memiliki standar yang berbeda, bagian atas sepatu harus keras untuk mengurangi resiko akibat kejatuhan benda tajam.

  • Kacamata

Kacamata pekerja konstruksi berbeda dengan kacamata gaya pada umumnya. Kacamata ini dipakai untuk melindungi mata yang rawan terkena debu dan melindungi dari bahan atau material berbahaya.

  • Safety Belt
Baca Juga:  Lantai Epoxy & Polyurethane, Apa sih Perbedaannya?

Lokasi pekerjaan yang berada pada ketinggian, pekerja wajib menggunakan Safety Belt guna meminimalisir resiko jatuh.

  • Masker

Penggunaan masker juga tidak kalah penting ketika sedang bekerja. Debu dan material yang tak terlihat jelas dengan mata rawan berterbangan. Masker berguna untuk melindungi saluran pernafasan pekerja.

  • Penutup Telinga

Banyaknya mesin dan alat yang menimbulkan bunyi bising, pekerja perlu menggunakan penutup telinga untuk melindungi telinga dari kebisingan.

  • P3K

Obat – Obatan P3K tidak boleh terlewatkan. P3K harus disiapkan untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

 

Semua Safety Equipment diatas harus dicek kualitas dan ketahanan nya sebelum digunakan. Dikarenakan Safety Equipment sangatlah penting bagi keselamatan pekerja.

Share

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel, cerita customer, berita seru, dan promo terbaru langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang!