Lantai Epoxy & Polyurethane, Apa sih Perbedaannya?

qinarraya.com – Lantai Epoxy (EP) dan Polyurethane (PU) banyak digunakan untuk lantai industri di seluruh dunia.

Kedua sistem ini biasanya digunakan di industri berat, gudang, logistik, dan general manufaktur. Setiap kali ada pekerjaan yang melibatkan kendaraan berat, misalnya forklift, lantai PU akan menjadi pilihan.

Sebelum melihat perbedaan antara PU dan Epoxy, mari kita simak penjelasan apa itu PU dan apa itu epoxy. Lapisan PU atau disebut juga Polyurethane Flooring adalah cat lantai yang komponen utamanya memakai resin polyurethane / material PU. Sedangkan Epoxy adalah pelapis lantai berbahan resin epoxy yang biasa digunakan untuk melindungi lantai dari gesekan dan benturan yang kuat.

Dari segi ketahanannya, pelapis pu memiliki kemampuan untuk menahan asam laktat yang membuat lapisan ini banyak digunakan di industri pengolahan susu, berbanding terbalik jika lapisan epoxy yang terpapar asam laktat dalam jangka waktu tertentu, maka lapisan tersebut bisa terkena korosi. Lain halnya apabila dihadapkan dengan asam sulfur. Lapisan epoxy bisa memiliki ketahanan yang lebih baik ketimbang lapisan pu, karena itulah lapisan epoxy banyak dipilih oleh industri-industri yang bergerak didalam pembuatan baterai atau industri alat berat.

Dilihat dari segi penggunaannya, cat epoxy lebih sering digunakan di industri yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi karena kemampuannya menahan beban berat ketimbang pelapis polyurethane, sedangkan pelapis lantai pu sering digunakan di industri makanan karena sifatnya yang elastis dan tahan terhadap cairan atau air.

Dari segi kebutuhan olahraga, Polyurethane lebih disukai karena memiliki ketahanan terhadap abrasi dan gesekan. Dengan kualitas dan fleksibilitasnya yang tinggi, Polyurethane biasa digunakan sebagai bahan lantai lapangan basket. Memiliki fitur non-slip adalah salah satu alas an mengapa lantai Polyurethane lebih disukai di lapangan basket.

Baca Juga:  Buka Cabang Pertama di Bali, NPure Gandeng PT. Qinar Raya Mandiri

Kedua sistem diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, pemilihan untuk memilih salah satu diantara Epoxy dan Polyurethane dilihat lagi dari kebutuhan pemasangan.

Share

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel, cerita customer, berita seru, dan promo terbaru langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang!